Rabu, 09 Desember 2009

Apakah Koperasi Bisa Memberikan Kontribusi Yang Besar Pada Perekonomian Di Indonesia??

| |

Apakah Koperasi bisa memberikan kontibusi yang besar bagi Indonesia?? Menurut saya bisa, karena koperasi memegang peranan yang cukup penting bagi perekonomian Indonesia. Hal ini disebabkan karena koperasi merupakan sektor usaha yang memiliki jumlah terbesar dengan daya serap yang signifikan, khususnya didaerah – daerah.
Tetapi walaupun pertumbuhan koperasi di Indonesia terbilang cukup pesat, namun kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi belum terlalu signifikan. Ini dikarenakan koperasi cenderung masih berperan sebagai pemasok atau produsen, lebih dari itu sudah dikuasi oleh swasta dan BUMN. Masalah ini tidak terlepas dari azas koperasi yaitu kekeluargaan dan kegotongroyongan.Jadi koperasi dianggap kecil, tidak berperan, den merupakan kumpulan serba lemah, itu terjadi karena pola pikir yang menciptakan demikian.Singkatnya, Koperasi adalah untuk usaha kecil, sedangkan yang menengah bahkan besar untuk kalangan swasta dan BUMN. Padahal koperasi memiliki kedudukan dan potensi sejajar dengan pelaku ekonomi bisnis lainnya.
Memang, persaingan yang terjadi di lapangan demikian ketat. Tetapi hanya dengan kompetisi ketat semacam itulah yang membuat mereka bisa menjadi pengusaha besar yang tangguh dan profesional. Para pemain ini akan disaring secara alami, mana yang efesien dalam menjalankan bisnis dan mereka yang akan tetap eksis.
Di Indonesia , beberapa koperasi sebenaranya sudah bisa dikatakan memiliki unit usaha besar dan beragam serta tumbuh menjadi bisnis raksasa berskala besar yang tentunya tidak kalah jika dibandingkan dengan perusahaan swasta atau BUMN yang sudah menggurita, namun kini banyak yang sakit. Koperasi yang bersangkutan sudah merambah dan menangani berbagai bidang usaha yang menguasai hajat hidup orang banyak dan merengsek ke berbagai bidang usaha bisnis komersial.
Dapat dilihat peran serta koperasi sudah makin terlihat dalam pengembangan roda perekonomian di Indonesia. Dibanyak daerah, koperasi punya andil besar untuk mensejahterakan anggota maupun yang bukan anggota. Dalam peranan koperasi untuk memberikan kesejahteraan misalnya kontribusinya dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Hal ini tentu saja dapat meringankan beban pemerintah maupun swasta dalam menangani tenaga kerja yang jumlah makin meningkat dari tahun ke tahun.

0 komentar:

top

Posting Komentar